Mengenal Aura Chakra

AURA

Tubuh manusia tersusun atas banyak komponen. Jauh lebih banyak dari apa yang manusia bisa bayangkan. Manusia cenderung berpikir bahwa apa yang di lihatnya, itulah kenyataan. Seperti halnya tubuh manusia itu sendiri. Bisa di lihat, di sentuh dan itulah yang nyata. Akan tetapi kenyataannya lebih banyak dari pada itu.

 

Dalam konsep prana, manusia terdiri atas tubuh esoterik dan tubuh fisik. Tubuh esoterik yang juga disebut sebagai tubuh energi merupakan tubuh yang tak kasat mata, karena tercipta dari medan energi. Keberadaannya hanya bisa di deteksi oleh orang-orang yang berbakat dan yang sudah terlatih. Tubuh esoterik bila di lihat secara waskita (indra keenam) memancarkan cahaya dengan getaran dan panjang gelombang yang berbeda sehingga memunculkan pancaran warna -warni yang pada akhirnya disebut dengan Aura.

 

Aura merupakan selubung energi dimana warna yang keluar dari aura menunjukkan tingkat kesehatan fisik, emosi dan spiritual. Karena warna aura tidak bisa di lihat dengan mata biasa. Maka untuk melihatnya dibutuhkan kepekaan metafisik, entah itu kepekaan visual, auditori atau kinestetik. Namun saat ini seiring dengan kemajuan teknologi, keberadaan aura sudah berhasil di potret. Dengan sebuah peralatan photography khusus yang disebut dengan fotografi aura.

 

Foto diatas merupakan foto seorang wanita yang diambil menggunakan photography aura. Tampak sekali ada selubung cahaya berwarna yang mengelilinginya, cahaya warna itulah yang disebut sebagai aura. Aura berada di lapisan paling luar tubuh esoterik. Dan memiliki fungsi sebagai perisai terhadap kontaminasi energi dari luar. Akan tetapi ada kalanya kekuatan aura melemah, dan jika energi buruk merasuk maka akan terjadi gangguan pada sektor baik fisik, emosi atau spiritual. Itulah sebabnya ada istilah pembersihan aura. Tujuannya, untuk membersihkan aura dari kontaminasi energi yang buruk. Dan ketika energi buruk sudah di bersihkan, maka orang tersebut akan tampak lebih sehat, lebih muda, lebih tenang, lebih bersemangat dan lain-lain. Pembersihan aura memiliki manfaat untuk memunculkan dan  memaksimalkan potensi fisik, emosi dan spiritual yang dimilikinya.

 

 

CHAKRA

Lebih dalam merasuk menembus aura terdapat jalur energi yang di sebut meridian. Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh yang memiliki jalur, persimpangan dan pusat energi. Melalui jalur-jalur meridianlah energi di distribusikan. Terminal meridian atau pusat energi inilah yang kemudian di kenal dengan chakra.


chakra adalah pusat energi yang berputar, dan merupakan bagian tubuh esoterik yang sangat penting. Sebagaimana tubuh fisik memiliki organ vital, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal dan lain-lain. Maka tubuh esoterik juga memiliki organ vital yang disebut dengan chakra.

 

Disebut chakra lantaran berbentuk seperti chakram. Dan dia berputar seperti baling-baling. Jumlah chakra di seluruh tubuh ada banyak sekali. Terlampau rumit bila harus di hapalkan satu persatu. Maka para master energi telah mengkategorikan menjadi 3 kelompok yang di sesuaikan dengan diameter chakra. Yaitu, chakra mayor (utama), chakra minor dan chakra mini.


chakra mayor merupakan pusat pusaran energi yang berdiameter sekitar 10 cm. Chakra mayor mengendalikan dan memberikan energi kepada organ vital dan organ utama pada tubuh fisik. Chakra mayor bekerja seperti pembangkit tenaga listrik yang mengalirkan energi ke organ utama. Seperti di alirkan ke jantung, sehingga dia selalu berdetak tanpa anda memintanya untuk berdetak. Jika pembangkit tenaga ini tidak berfungsi dengan benar, organ vital menjadi sakit atau berpenyakit karena mereka tidak mempunyai cukup energi prana untuk bekerja secara benar! Chakra minor bergaris tengah sekitar 3-5 cm. Chakra mini bergaris tengah kurang dari 3cm. Chakra minor dan chakra mini mengendalikan dan memberikan energi kepada bagian tubuh fisik yang kurang penting. Dari banyaknya chakra yang ada, hanya chakra mayorlah yang wajib anda ketahui.

 

 

Fungsi Chakra

  • Melepaskan, menyerap, mencerna, dan mendistribusikan prana ke seluruh tubuh.
  • Mengendalikan, memberikan energi, dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh fisik dan berbagai bagian tubuh serta organ secara benar.
  • Beberapa chakra merupakan tempat atau pusat kemampuan psikis. Pengaktifan beberapa chakra (pusat energi) tertentu dapat menghasilkan perkembangan beberapa kemampuan psikis tertentu. Misalnya, salah satu chakra yang termudah dan teraman untuk digiatkan adalah chakra tangan. Chakra tersebut terletak di bagian tengah telapak tangan. Dengan menggiatkan chakra tangan, seseorang mengembangkan kemampuan merasakan energi halus dan juga kemampuan merasakan aura luar, aura kesehatan, dan aura dalam. Hal ini dapat dicapai dengan secara teratur memusatkan perhatian ke bagian tengah telapak tangan.


Nama-Nama Chakra Mayor

Chakra dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu chakra mayor (utama), chakra minor dan chakra mini. Dari ke tiga kategori tersebut yang paling penting untuk di ketahui adalah chakra mayor. Ada perbedaan pendapat, mengenai jumlah chakra mayor, diantaranya ada yang mengatakan jumlahnya hanya 7 chakra dan ada yang mengatakan 11 chakra. Menurut pengalaman kami selama ini. Tidak ada beda yang signifikan antara pendapat yang meyakini hanya ada 7 chakra mayor dan pendapat lain yang meyakini ada 11 chakra mayor. Dan pada tulisan kali ini kami akan memperkenalkan kepada Anda 7 Chakra Mayor.



1. Chakra Dasar

System chakra bermula dari bawah menuju ke atas. Sehingga chakra dasar disebut juga sebagai chakra pertama. Chakra dasar memiliki getaran energi paling rendah dan berhubungan dengan sebagian besar rangsang fisik. Lokasinya berada diantara perineium, yakni area diantara alat kelamin dan anus.

 

Fungsi Secara Fisik

Chakra dasar mempengaruhi tungkai, pinggul dan dasar tulang belakang. Chakra ini berhubungan dengan struktur tubuh manusia dan bersama dengan tulang, otot dan kulit membentuk tubuh manusia secara utuh. Chakra dasar juga mempengaruhi gigi serta organ pengeluaran ginjal, rektum dan usus besar. Gangguan pada fungsi chakra dasar ini akan bermanifestasi sebagai radang sendi, gangguan tulang punggung, gangguan darah, kanker, kanker tulang, leukemia,  alergi,  gangguan pertumbuhan, vitalitas rendah, dan lambatnya penyembuhan luka dan patah tulang.


Orang-orang dengan chakra dasar yang sangat aktif cenderung sehat dan kuat, sedangkan orang-orang dengan chakra dasar kurang aktif cenderung rapuh dan lemah. Orang tua biasanya memiliki chakra dasar yang menipis atau sangat menipis. Inilah yang menyebabkan tubuh mereka lemah dan mengecil; tulang punggung membongkok dan mereka cenderung menderita radang sendi. Chakra dasar

Dapat disamakan seperti akar pohon. Jika akarnya lemah, pohonnya lemah. Jika chakra dasar sangat lemah, tubuh juga sangat lemah. Chakra dasar juga disebut "chakra akar".

 

Pengaruh Psikologis

Chakra dasar mengatur kemampuan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita. Jika kita merasa takut dan ragu-ragu atas bayangan masa depan, maka sangat kecil kemungkinan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan tersebut. Karena kita tidak memiliki keyakinan bahwa  tujuan dan cita-cita  yang kita impikan akan terwujud. Kita tak yakin bahwa tuhan melalui mekanisme hukum fisika dan hukum metafisik, akan mendukung kita untuk mewujudkannya dan pada akhirnya ketika ada peluang yang akan menghantarkan kita pada cita-cita dan keinginan kita, kita menjadi takut untuk mengambil peluang tersebut karena resiko yang kita bayangkan. Padahal di dunia ini, tak ada sesuatu yang tanpa resiko. Bahkan ketika anda duduk nonton tvpun masih beresiko jatuh karena tempat duduk anda patah. Akhirnya kita merasa tidak menentu dan terkatung-katung akibat keragu-raguan dalam mengambil tindakan. Chakra dasar yang sehat akan menghasilkan kepercayaan diri pada diri sendiri maupun keberuntungan dan kelimpahan tiada batas. Yang pada akhirnya akan membuat kita menjadi seseorang yang lebih bersyukur kepada tuhan.


Pengaruh Spiritualitas

Jika chakra dasar sehat, dengan mudah dan percaya diri kita dapat menemukan apapun yang di perlukan. Tidak ada lagi kemelekatan pada benda-benda yang bersifat fisik. Hidup menjadi tenang dan tentram, karena benda-benda materi bukanlah tujuan utama. Melainkan hanyalah alat untuk bisa bertahan hidup di dunia. Sehingga orang yang memiliki chakra dasar yang sehat, cenderung dermawan, peduli dan suka menolong sesama. Namun, jika chakra dasar sakit atau tidak bekerja dengan semestinya bisa mengakibatkan perilaku materialistik, kikir, melihat sesuatu berdasarkan faktor materi, dan melihat uang adalah segala-galanya.

 

 

2. Chakra Sexs

Chakra kedua ini terletak dua jari di bawah pusar dan menurun sampai ke daerah kemaluan. Memiliki fungsi dasar yang berkaitan dengan organ reproduksi.

 

Fungsi Secara Fisik

Chakra seks mengatur sistem reproduksi, baik pria maupun wanita. Chakra ini bekerja sesuai dengan kesehatannya. Chakra seks terutama aktif selama masa pubertas, ketika system reproduksi mengalami perubahan-perubahan penting; selama konsepsi dan kehamilan; serta pada saat menopouse. Chakra dasar juga mempengaruhi kandung kemih dan system urine.

 

Pengaruh Psikologis
secara psikologis chakra seks berkaitan dengan hasrat, minat, hobi dan semua bentuk kreativitas. Selain  kreativitas untuk menghasilkan sel telur dan sperma sehingga pada akhirnya akan membentuk seorang bayi. Chakra seks juga bisa bekerja sama dengan berbagai macam chakra yang lain, sehingga muncullah kreativitas dalam bidang seni musik, lukis, fotografi dll. Akan tetapi untuk merasa bebas dalam berkreativitas, maka seseorang harus terlebih dahulu percaya diri. Dan percaya diri sangat erat kaitannya dengan chakra dasar. Sehingga chakra dasar yang negatif juga akan berpengaruh pada chakra sexs.

 

Pengaruh Spiritualitas
apakah siap untuk mengambil resiko? Apakah kita terlalu terbuka atau terlalu tertutup kepada perubahan? Apakah kita membela mati-matian pada apa yang kita yakini, meskipun kadang kita tak menyukainya? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh chakra seks. Pandangan yang kaku dan cenderung fanatik membuatnya tidak luwes. Masalah-masalah pada chakra seks juga dapat menyebabkan keengganan atau bahkan ketidak mampuan untuk menjadi dekat secara emosional dengan orang lain. Hal ini bisa menimbulkan rasa kesepian. Jika chakra sexs aktif secara normal, dia bisa mengantarkan kepada tingkat spiritualitas yang lebih tinggi. Yang tak hanya terpaku pada faktor fisik dan nikmat duniawi semata.

 


 3. Chakra Solar Pleksus

Chakra solar pleksus terletak di sekitar daerah bawah rongga dada. Chakra ini merupakan chakra paling sensitif diantara chakra-chakra mayor karena merupakan gudang energi yang bersifat emosional. Chakra solar plexus merupakan pusat pemrosesan energi. Energi halus dari chakra bawah dan chakra atas mengalir melaluinya. Seluruh tubuh dapat diberi energi melalui chakra solar plexus. Meskipun mungkin anda tidak menyadari keberadaan chakra-chakra yang lain pada tubuh anda. Akan tetapi kemungkinan besar anda pernah menyadari keberadaan chakra ini. Karena chakra solar pleksus ini menjadi sangat aktif saat perut berkontraksi. Itulah sebabnya saat orang merasa takut/khawatir perutnya menjadi sakit dan kadang disertai rasa mual ingin muntah. Chakra solar pleksus dapat menyimpan emosi-emosi negative yang telah lama berlalu. Oleh karena itu, sangat penting membersihkan chakra ini secara teratur untuk melepaskan emosi-emosi yang tidak menyenangkan.

 

Fungsi Secara Fisik

Chakra solar pleksus membantu organ-organ yang terletak di rongga perut bagian atas agar berfungsi dengan benar. Dia mensuplai energi bagi lambung, hati, pankreas dan kantong empedu agar berfungsi sesuai dengan semestinya. Chakra solar plexus juga mengendalikan sistem pemanas dan pendingin tubuh. Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai diabetes, tukak lambung, radang hati, penyakit jantung, dan penyakit lain yang terkait dengan organ-organ tersebut.

 

Pengaruh Psikologis

Chakra solar pleksus memberi rangsangan, tekad dan motivasi. Membantu kita agar lebih maju dan mampu mengenali kekuatan diri sendiri. Chakra solar pleksus yang sehat akan menjadikan kita percaya diri, mampu mengekspresikan diri dan menjadi tuan atas keinginan kita sendiri. Jika chakra solar pleksus tersumbat atau tidak lancar seseorang akan merasa tidak berdaya, terjerat dalam emosi malu, tidak bisa menentukan arah hidup dan menjadi marah pada diri sendiri dan lingkungan.


pengaruh Spiritualitas

Chakra solar pleksus merupakan salah satu tempat dimana informasi berupa ide dikonversi menjadi keyakinan. Pada chakra solar pleksus yang sehat, cenderung memunculkan sikap tidak fanatik yang berlebihan terhadap apa yang di yakininya. Chakra solar pleksus juga merupakan pusat energi karma. Dimana, jika kita melakukan hal yang baik maka vibrasi energi solar pleksus akan menyebarkan vibrasi kebaikan sehingga kita selalu  berungtung. Dan begitu pula sebaliknya, jika kita melakukan keburukan maka solar pleksus akan akan menyebarkan vibrasi energi buruk sehingga kita cepat atau lambat akan menerima hal buruk dikarenakan atas karma/perbuatan yang telah kita perbuat pada masa lalu.

 

 

4. Chakra Jantung

Terletak di tengah dada, dan disebelah kanan jantung. Secara umum mempengaruhi fungsi kinerja jantung dan darah.

 

Fungsi Fisik
chakra jantung mengontrol fungsi jantung, sirkulasi darah, sistem paru-paru dan sistem kekebalan tubuh. Gangguan fungsi chakra jantung akan bermanifestasi sebagai penyakit jantung dan gangguan peredaran darah.



Pengaruh Psikologis
chakra jantung mengatur cinta tak bersyarat. Cakra jantung yang sehat akan menjadikan lebih mudah memaafkan orang lain dan menerima orang lain sebagaimana adanya, dan bukan seperti yang kita inginkan. Chakra jantung juga membantu kita agar dapat memiliki cinta yang universal kepada sesama. Bila chakra jantung berfungsi dengan semestinya. Kita akan menjadi penuh cinta, murah hati, gembira, dan hangat. Dan jika chakra jantung bekerja tidak semestinya maka akan menyebabkan was-was, mudah curiga, takut di tolak, tak punya rasa kasihan dan kesepian.



Fungsi spiritualitas
Chakra jantung menghubungkan manusia kepada entitas yang Maha Tinggi melalui cinta kasih tak bersyarat terhadap semua mahluk-Nya. Hal semacam ini sangat umum di jumpai pada seseorang yang mengabdikan pada masyarakat tanpa syarat. Seperti para Nabi, Agamawan dan orang-orang seperti Bunda Theresa, Sidharta Gautama, Mahatma Ghandi, Gusdur, Paus, Dokter, Guru dan orang-orang yang lain yang memiliki cinta kasih kepada sesama tanpa syarat.

 

 

5. Chakra Tenggorokan

Chakra tenggorokan terletak di leher dan berperan penting untuk menyuarakan pikiran dan perasaan serta berkomunikasi dengan orang lain, diri sendiri dan entitas Maha Besar. Chakra tenggorokan erat kaitannya dengan spiritualitas dan ekspresi diri yang otentik dari masing-masing manusia.


Fungsi Fisik
Sesuai dengan namanya chakra tenggorokan adalah chakra yang menyuplai energi bagi system suara sehingga kita bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui suara. Chakra ini mengatur kerja exsofagus, trakea, pita suara dan semua organ yang lain yang digunakan untuk bicara seperti lidah. Dia juga mempengaruhi fungsi gigi, gusi, mulut dan sinus. Selain itu chakra ini juga memengaruhi kualitas darah karena ia mengendalikan dan memberikan energi kepada hati yang bertugas menghilangkan racun dari darah. Melalui hati, chakra solar plexus mengontrol kadar kolesterol tubuh. Jadi, chakra solar plexus juga memengaruhi kondisi jantung.

 

Fungsi Psikologis
selain komunikasi secara fisik, chakra tenggorokan juga berpengaruh pada komunikasi secara internal/komunikasi kedalam batin sendiri. Seringkali dalam relasi sosial kita perlu memahami norma-norma setempat, sehingga meskipun batin dan pikiran ingin mengatakan sesuatu, perkataan tersebut harus di saring terlebih dahulu agar apa yang dikatakan tidak menyakiti perasaan orang lain. Chakra tenggorokan erat kaitannya dengan mengekspresikan diri atas emosi yang di rasakan. Sehingga ketika seseorang marah bisa terlontar ucapan umpatan atau sebaliknya ucapan do'a untuk meredam amarahnya sendiri. Apapun itu, chakra tenggorokan merupakan jalur untuk mengkomunikasikan apa yang terjadi di dalam diri dengan dunia nyata. Jika chakra tenggorokan tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan ketidakmampuan untuk menjadi diri sendiri yang sejati, tidak mampu mengungkapkan apa yang di rasakan sehingga muncullah gejala gagap, mengalami depresi, frustasi, kehilangan motivasi dan merasa tidak mampu dan tak berdaya dalam bertindak untuk mengejar impiannya.



Fungsi Spiritualitas
pesan spiritual chakra ini adalah berkomunikasi dengan jujur atas apa yang kita pikirkan dengan apa yang kita bicarakan. Akan tetapi juga di imbangi dengan apa yang sebaiknya di katakan agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Kita harus bisa membedakan mana yang harus dikatakan dan apa yang sebaiknya tidak dikatakan. Ketika chakra tenggorokan tersumbat atau tidak mengalir dengan lancar, sulit bagi kita untuk mengatakan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Ketika chakra tenggorokan berputar secara berlebihan, kita tenggelam dalam gosip dan obrolan. Bersama chakra seks, chakra tenggorokan mengatur kemampuan kita untuk menjadi kreatif.

 


6. Chakra Ajna

Terletak diantara mata pada batang hidung, adalah chakra yang terletak di daerah kepala dan selalu dikaitkan dengan spiritualitas. Kadang-kadang chakra ini di rujuk sebagai chakra "mata ketiga", berkaitan dengan pandangan batin/metafisik, intuisi.


Fungsi Fisik
Chakra ini berkaitan erat dengan penglihatan, pendengaran, hidung dan system saraf. Chakra ajna juga bertugas mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pituitari, kelenjar endokrin, dan sampai batas tertentu memberikan energi kepada otak. Chakra ajna juga memengaruhi mata dan hidung. Gangguan fungsi chakra ini bermanifestasi sebagai penyakit yang berkaitan dengan kelenjar endokrin seperti diabetes. Pemberian energi pada chakra ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan chakra lainnya berpendar dengan urutan kecepatan tertentu; dengan demikian memberikan energi ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, dalam penyembuhan karismatik atau penyembuhan melalui doa, penyembuh menyentuh chakra mahkota, chakra dahi, atau chakra ajna penderita dengan jari-jari atau telapak tangan mereka. Aliran prana yang mendadak dan sangat kuat di daerah kepala bisa menyebabkan sebagian penderita kehilangan kesadaran.



Fungsi psikologis
chakra ajna memicu intuisi dan penglihatan batin, yaitu kemampuan untuk melihat ke dalam diri sendiri untuk menemukan pengertian terdalam, juga kemampuan untuk berbaur dengan lingkungan dan mempelajarinya. Karena kemampuan dalam melihat diri yang terdalam membuat chakra ajna mampu mengambil hikmah dari setiap nasib baik atau buruk. Chakra ajna membantu kita untuk mendengarkan suara hati untuk menjalani kehidupan. Ketika kita belajar untuk mendengarkan suara hati dan mempercayai suara hati, chakra ajna menjadi lebih aktif dan berkembang. Pembersihan chakra ajna akan mengembangkan intuisi. Chakra ajna membantu kita berpikir dan mendapatkan perspektif yang lebih seimbang dan objektif. Sehingga chakra ajna akan membantu kita untuk mengambil keputusan dengan bijaksana. Oleh karena itu dengan bantuan chakra ajna kita bisa melihat apa yang kita yakini dan bukan apa yang kita lihat.



Fungsi spiritual
chakra ajna membantu kita untuk mampu mendengarkan suara hati dan kemudian selaras dengannya. Dengan begitu kebijaksanaan akan selalu tercipta dalam setiap pengambilan keputusan dalam hidup. Tindakan yang selaras dengan suara hati, membuat kita menjadi lebih peka menangkap isyarat-isyarat entitas maha besar yang tidak terlihat oleh mata. Oleh sebab itu seseorang dengan chakra ajna yang aktif mampu memahami makna kehidupan yang hakiki. Saat chakra ajna tidak berkembang dengan baik, membuat kita menjadi takut untuk percaya dengan intuisi, tidak yakin dengan apa yang dikatakan oleh batin kita, oleh suara hati kita sendiri. Sehingga akan menjadikan kita seseorang yang sulit untuk menangkap isyarat-isyarat kebahagiaan dari Tuhan. Selain itu, chakra ajna yang tidak berkembang membuat kita menjadi terjebak dalam pendekatan yang rasional; segala sesuatu yang tak dapat di terangkan secara ilmiah dianggap tidak ada.

 

 

 

7. Chakra Mahkota

Chakra mahkota merupakan chakra mayor yang terakhir, dan selalu diidentikan dengan spiritual. Berbeda dengan chakra dasar yang bergetar paling pelan/rendah, chakra mahkota bergetar paling cepat/tinggi. Chakra ini merupakan titik yang sensitif dan harus diberlakukan dengan hati-hati selama masa penyembuhan. Banyak orang merasa tidak nyaman ketika chakra ini di sentuh atau orang berada terlalu dekat dengannya.

 

Fungsi fisik
chakra ini terletak di puncak kepala berfungsi mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pineal, otak dan seluruh tubuh. Chakra mahkota merupakan salah satu tempat masuk utama prana. Pemberian energi pada chakra mahkota mempunyai pengaruh seperti pemberian energi ke seluruh tubuh. Hal ini sama seperti menuangkan air ke dalam corong yang menyebabkan seluruh tubuh dibanjiri prana. Oleh karena itu, beberapa penyembuh memberikan energi ke chakra mahkota walaupun organ yang terganggu terletak di tempat lain. Terganggunya chakra mahkota akan bermanifestasi sebagai penyakit yang berkaitan dengan kelenjar pineal dan otak. Penyakit-penyakit ini dapat bermanifestasi sebagai penyakit fisik ataupun psikologis.

 

Chakra dahi dan chakra mahkota membantu mengharmoniskan dan menormalkan chakra-chakra lainnya, sama seperti kelenjar pineal yang membantu penyeimbangan dan penormalan kelenjar-kelenjar endokrin lain dalam tubuh. Penelitian modern menunjukkan bahwa kelenjar pineal berhubungan dengan proses penuaan dan proses anti-penuaan.
 

Pengaruh Psikologis
chakra mahkota membantu kita untuk memunculkan keyakinan diri dan membuat kita menyadari akan makna kehidupan. Jika berfungsi dengan benar, chakra mahkota membuat kita merasakan bahwa kita lahir di dunia ini, di kota ini, dan di keluarga ini dengan alasan tertentu. Jika ada persoalan yang muncul kita bisa mengatasinya dengan penuh keyakinan. Dan bila chakra mahkota tidak berfungsi maka akan memunculkan perasaan hati yang remuk, kehilangan makna hidup, apatis, tidak bergairah dalam menjalani hidup. Sehingga jika hal semacam ini berlanjut secara berkepanjangan maka akan memunculkan depresi secara klini bahkan bisa menjadi kegilaan. Jadi, sangat disarankan untuk membersihkan chakra mahkota sebelum terlambat.

Pengaruh Spiritualitas
chakra mahkota merupakan pintu gerbang yang menghubungkan kita kepada sang pencipta, kepada entitas yang maha besar, yaitu Tuhan. Jika chakra mahkota sehat kita akan merasakan hubungan yang kuat dengan yang Ilahi. Melalui chakra mahkotalah kita mendapatkan pertolongan dan petunjuk dari Ilahi. Banyak yang berpendapat bahwa chakra mahkota merupakan pintu gerbang jiwa/ruh masuk dan bersemayam dalam tubuh jasmani. Dan ketika kita mati, maka jiwa/ruh juga akan meninggalkan raga melalui chakra mahkota. Sedangkan chakra mahkota yang tidak berfungsi akan menyebabkan seseorang merasa sangsi akan keberadaan Tuhan.

 

 

>> Baca Selanjutnya - Cara Kerja Prana <<